Rakor Lintas Sektoral Mantap Brata Candi, TNI-Polri Siap Amankan Pemilu 2024 

    Rakor Lintas Sektoral Mantap Brata Candi, TNI-Polri Siap Amankan Pemilu 2024 

    Kebumen - Kepala Staf Kodim 0709/Kebumen Mayor Cba Moh. Behaqi menghadiri rapat koordinasi lintas sektoral (Rakorlinsek) persiapan penyelenggaraan dan pengamanan tahapan Pemilu 2024, untuk pastikan Pemilu aman dan damai di wilayah Kabupaten Kebumen bertempat Ballroom Mexolie Hotel Jalan Merak Kelurahan Panjer Kecamatan Kebumen, Jum'at (13/10/23).

    Wakil Bupati Kebumen Hj. Ristawati Purwaningsih, S.ST., M.M., mengatakan dalam sambutanya bahwa Pemilu 2024 merupakan Pemilu serentak dan merupakan momen politik yang sangat penting dalam pesta demokrasi. Pada waktu yang sama digelar pemilihan presiden dan wakil presiden, DPR, DPD, DPRD, dan, dilanjutkan kemudian dengan Pilkada, yaitu pemilihan gubernur-wakil gubernur, pemilihan bupati-wakil bupati, dan pemilihan walikota dan wakil walikota yang digelar di tahun yang sama, yaitu di tahun 2024. 

    "Melalui rakor kesiapan Pemilu 2024 ini, saya
    mengajak mari kita bangun kesamaan pemahaman
    persepsi dan koordinasi untuk sinergitas dalam
    melahirkan penyelenggaraan Pemilu tahun 2024
    yang aman, damai, dan demokratis, serta yang tidak
    kalah pentingnya adalah persatuan dan kesatuan di masyarakat tetap terjaga, " kata Wakil Bupati.

    Ia mengatakan tugas tersebut harus dilaksanakan, seiring dengan beberapa tantangan, baik masalah teknis Pemilu, partisipasi pemilih, kerawanan di masa kampanye, politik identitas dan polarisasi masyarakat yang berlebihan, money politik dan sebagainya. 

    Kapolres Kebumen AKBP Burhanuddin S.I.K., S.H., M.H., menyampaikan antisipasi menjelang Pemilu adanya polarisasi (pengelompokan) antara masing-masing pemilih, politik identitas, penyelenggara Pemilu dan parpol peserta Pemilu harus tau tugas dan tanggung jawab masing-masing. Jika semua sudah tau dan memahami tupoksi masing-masing dan semua unsur di Kabupaten Kebumen selalu bersenergi, kami yakin semua itu sudah dapat terwujud pemilu tahun 2024 di Kebumen bisa berjalan dengan aman dan sukses.

    Kepala Staf Kodim 0709/Kebumen Mayor Cba Moh. Behaqi dalam paparannya menyampaikan untuk menjaga komitmen netralitas TNI
    mengikuti aturan pedoman dan perintah terkait tata cara bersikap bertindak dalam tahapan pesta demokrasi 5 tahunan.

    "Pentingnya komunikasi, kerjasama dan sinergitas dengan semua pihak baik TNI, Polri, dan kementerian lembaga komponen bangsa lainnya demi tercapainya stabilitas keamanan nasional yang aman damai dan sejuk. Kuasai tugas-tugas pada pengamanan di setiap tahapan Pemilu. Deteksi dini jika ada konflik yang dapat timbul selama Pemilu
    dan dengan adanya perjanjian kerjasama maka penyatuan persepsi dan pola tindak menjadi pedoman implementatif di lapangan, " ucap Kasdim.
    (Pendim)

    Redaktur : Nasruloh

    jateng kebumen rakor lintas sektoral mantap brata candi tni-polri siap amankan pemilu 2024
    Nasruloh

    Nasruloh

    Artikel Sebelumnya

    Babinsa Koramil 19/ Kuwarasan Bersama Polsek...

    Artikel Berikutnya

    Bersama Forkopimda, Dandim Kebumen Ikuti...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    TV Parlemen Live Streaming
    Polri TV: Transparan - Informatif - Terpercaya
    Pimpin KTT World Water Forum, Panglima TNI Sambut Kedatangan Presiden Jokowi Di Bali
    Prajurit TNI Koops Habema Respons Kebutuhan Penerangan Masyarakat Wilayah Papua
    Satgasud PAM VVIP KTT World Water Forum Amankan Wilayah Udara Bali

    Ikuti Kami