Cegah banjir dan Penyakit Kodim 0709/Kebumen bersama Masyarakat Menggelar bersih sungai

    Cegah banjir dan Penyakit Kodim 0709/Kebumen bersama Masyarakat Menggelar bersih sungai

    Kebumen - Dalam mencegah banjir dan sarang nyamuk selama musim hujan Kodim 0709/Kebumen bersama instansi terkait dan elemen masyarakat melakukan pembersihan enceng gondok di aliran sungai Gentan Desa Tersobo Kec. Prembun , Kab. Kebumen. Rabu (06/12/2023).


    “Operasi bersih-bersih sungai ini bertujuan untuk mengantisipasi terjadi banjir dan Wabah penyakit khususnya di wilayah Kec. Prembun, ” kata Komandan Kodim 0709/Kebumen Letkol Czi Ardianta Purwandhana S.Hub.Int.M.Han.


    Tampak ribuan tanaman eceng gondok menghiasi sungai Gentan Desa Tersobo, Kec Prembun, Kab. Kebumen tersebut, akibat kondisi itu, menjadikan berkembangnya jentik-jentik nyamuk. Selain air di sungai itu terlihat menghitam, baunya pun menyengat, hal itu dikeluhkan warga kampung tersebut.


    Menurut warga yang bertempat tinggal di sekitar sungai Gentan, eceng gondok memang cepat tumbuh subur di sungai itu. Untuk mengatasi persoalan tersebut, Kodim 0709/Kebumen berinisiatif mengerahkan anggota yang dibantu warga setempat untuk membersihkan eceng gondok yang menutupi aliran sungai Gentan.

    Dengan menggunakan alat seperti sabit, garuk/garpu dan cangkul, para prajurit TNI sangat antusias melakukan bersih-bersih sungai Gentan. Dengan tujuan aliran sungai tersebut dapat lancar kembali.

    Komandan Kodim 0709/Kebumen Letkol Czi Ardianta Purwandhana S.Hub.Int.M.Han., menyampaikan dengan upaya membersihkan eceng gondok ini, diharapkan berdampak positif terhadap lingkungan maupun ekonomi warga sekitar.


    Dandim 0709/Kebumen dalam sambutannya juga menyampaikan terima kasih karena Karya Bakti TNI Peduli Lingkungan mendapat sambutan antusias dari warga.
    “Kedatangan kami di sini untuk membantu warga membersihkan lingkungan, terutama membersihkan aliran sungai Gentan yang tertutup tumbuhan eceng gondok. Yang dampaknya membuat aliran sungai tidak lancar yang dapat mengakibatkan banjir. Semoga setelah sungai bersih problem lingkungan seperti terhambatnya aliran sungai dapat teratasi, ” ucap Dandim 0709/Kebumen. (pendim0709/kbm)

    Redaktur : Nasruloh

    kebumen jateng cegah banjir dan penyakit kodim 0709/kebumen bersama masyarakat menggelar bersih sungai
    Nasruloh

    Nasruloh

    Artikel Sebelumnya

    Karya Bakti TNI, Dandim 0709/Kebumen Pimpin...

    Artikel Berikutnya

    Kodim 0709/Kebumen Terima Tim Dalprog Srendam...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    TV Parlemen Live Streaming
    Polri TV: Transparan - Informatif - Terpercaya
    Presiden Jokowi Jamu Santap Malam Para Pemimpin dan Delegasi KTT WWF Ke-10 di GWK
    Dekat di Hati Masyarakat, Satgas Yonif 115/ML Membina Kemampuan Bola Voli Masyarakat Kampung Yambi
    Pimpin KTT World Water Forum, Panglima TNI Sambut Kedatangan Presiden Jokowi Di Bali

    Ikuti Kami